menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
Mengenang Park Seung-Jin, Orang Asia Pertama Yang Mencetak Gol Di Piala Dunia
Next Posts
Sebuah sejarah mencatatkan bahwa gol perdana yang dicetak oleh orang Asia

8,910 views

allbluedaze.com - Orang Asia yang mencetak gol perdana di Piala Dunia

Intisari-online.com - Mungkin Indonesia adalah negara Asia yang pertama kali masuk Piala Dunia tepatnya pada 1938, dengan nama Hindia Belanda.

Waktu itu Piala Dunia digelar di Prancis, namun tak tercatat gol yang berhasil dicetak pada saat itu.

Hingga sebuah sejarah mencatatkan bahwa gol perdana yang dicetak oleh orang Asia, ternyata milik pemain yang berasal dari Korea Utara bernama Park Seung-Jin.

Ia adalah pemain sekaligus orang Asia pertama yang mencetak gol di gelaran Piala Dunia, namun banyak sejarah mencatatkan namanya sebagai Pak Seung-zin.

Selain itu data-data perjalanan kariernya juga sangat sulit ditemui, namun tercatat ia untuk klub lokal Korea Utara, Morabong.

Ia juga diketahui memperkuat timnas negaranya selama periode 1966 hingga 1974.

Kisahnya bermula ketika negaranya lolos di Piala Dunia tahun 1966, dengan jalan kotroversial.

Saat babak kualifikasi banyak negara yang mengundurkan diri, hingga yang tersisa hanya Korea Utara, Kamboja dan Australia.

Kamboja yang berada satu blok politis dengan Korea Utara yang disebut-sebut bakal memuluskan langkah tim negara lawan tanding mereka tersebut.

Australia yang belum sehebat sekarang, juga bukan lawan Seung-jin para pemain dari  Korea Utara saat itu hingga akhirnya lolos dan berhak tampil di babak utama Piala Dunia 1966 yang digelar di Inggris.

Dengan demikian penampilan Korea Utara di ajang tersebut juga merupakan debut, bahkan disebutkan Korea Utara tampil memukau dengan melaju ke babak perempat-final.

Hingga akhirnya mereka harus dikandasakan Portugal pada saat itu, dan salah satu yang menjadi sorotan adalah nama Seung-Jin, pemain yang beroperasi di sektor gelandang tengah.

Ia juga menjadi pemain Asia yang mencetak gol portama di ajang ini, saat itu Korea Utara berhasil menahan imbang Chile, dan mengakhiri paceklik gol dari tim asal Asia.

Perlu diketahui, pada lima Piala Dunia edisi sebelumnya, terhitung sejak Hindia Belanda tampil di turnamen tersebut, tim-tim asal Asia tidak pernah sekalipun mencetak gol.

Lesakan Seung-jin adalah kalinya pertama tim asal Asia bisa menceploskan bola ke gawang lawan.

Bahkan, kehebatan Seung-Jin tak berhenti samapi disitu, ia juga mencetak gol, saat Korea Utara tampil habis-habisan saat melawan Portugal.

Cerita menarik lain dari Seung-jin adalah soal apa yang terjadi setelah ia tampil dan mencetak dua gol di Piala Dunia 1966.

Diceritakan bahwa meskipun berhasil membawa harum negara mereka, Seung-jin dan beberapa pemain skuat Korea Utara Piala Dunia 1966 kemudian mesti mendekam dalam penahanan.

Penyebabnya adalah karena mereka ketahuan berpesta setelah berhasil menahan imbang Italia di fase grup.

Tindakan mereka tersebut dianggap sebagai 'pertanda dari borjuisme' yang memang sangat berkebalikan dengan Korea Utara yang menganut paham komunis hingga kini.


Artikel asli https://bit.ly/2yO3WhX

REAKSI ANDA?